Langsung ke konten utama

Tugas 1 Etika Profesi

1. Tuliskan karakter-karakter tidak beretika dalam kehidupan sehari-hari (beri 5 contoh dan analisa)!
a. Tidak dapat amanah pada rahasia orang lain
Karekter orang seperti ini sangat tidak baik dan sebisa mungkin untuk dihindari, karena apabila seseorang telah menceritakan rahasianya pada kita sebaiknya kita menjaga sebaik yang kita bisa karena orang tersebut juga telah mempercayakan hal itu kepada kita. Harga dari sebuah kepercayaan sangatlah mahal. Apabila hal ini sampai terjadi maka akan berakibat buruk bagi salah pihak yang telah percaya kepada kita dan merugikan kedua belah pihak dari segi sosial.
b. Membicarakan hal buruk yang belum tentu ada benarnya
Hal seperti ini harus dibatasi, karena dapat menyebabkan kerugian pada orang yang bersangkutan, karena belum tentu apa yang kita bicarakan sama seperti kenyataannya walaupun bila memang kenyataannya benar demikian, sebaiknya kita simpan untuk diri kita sendiri karena pada dasarnya setiap orang berhak memiliki privasi yang tidak ingin diketahui banyak orang. Apabila kita terus membicarakan hal semacam ini kepada banyak orang makan akan menimbulkan hal – hal yang tidak diinginkan dan dapat mencemarkan nama baik dari orang yang kita bicarakan keburukannya.
c. Menggunakan barang orang lain tanpa izin terlebih dahulu
Karakter orang seperti ini wajib untuk dihindari. Menggunakan barang orang lain tanpa izin merupakan salah satu karakter seseorang yang tidak beretika. Hal ini dapat menyebabkan pemilik barang merasa kesusahan dan kesal ketika ingin menggunakan barang tersebut namun ternyata tidak ada karena sedang digunakan orang lain tanpa seizin dirinya. Selain itu juga dapat menyebabkan kesalahpahaman antara pemilik barang dengan orang lain karena telah menduga-duga yang salah kepada orang lain yang dikira mengambilnya.
d. Melakukan tindakan penyogokan
Karakter orang yang tidak bisa bersabar dan tidak menghargai proses adalah hal yang buruk bagi seseorang. Misalnya ketika ingin membuat surat izin mengemudi masih banyak yang melakukannya dengan cara membayar langsung tanpa mengikuti proses dan prosedur yang ada, dengan alasan tidak memiliki waktu dan dianggap kurang penting. Padahal hal ini akan menjadi dasar bagaimana kita akan berperilaku ketika berkendara dijalan. Hal ini memang dijadikan mata pencaharian bagi sebagian pihak yang tidak bertanggung jawab akan tetapi ini akan menyebabkan orang yang melakukan penyogokan ini tidak mendapat ilmu yang baik dan benar, sehingga nantinya akan merugikan diri sendiri pada saat dijalanan, seperti tidak mentaati dan tidak mengerti rambu – rambu lalu lintas yang ada dan mungkin dapat menyebabkan kecelakaan serta merugikan diri sendiri dan orang lain.
e. Berperilaku egois
Sikap egois adalah sikap yang membahayakan dalam pergaulan karena manusia merupakan mahluk sosial yang saling membutuhkan dan bergantung antara yang satu dengan yang lainnya dan seharusnya tidak bersikap mementingkan diri sendiri. Contohnya adalah dalam berpergian menggunakan kendaraan umum, seharusnya mendahulukan atau memprioritaskan tempat duduk untuk kaum difabel, orang tua, dan ibu hamil.

2. Tuliskan aktivitas tidak beretika professional dalam bekerja sebagai seorang sarjana teknik industry (beri 5 contoh dan analisa)!
a.  Memangkir dari tugas dan tanggung jawab serta menyalahgunakan jabatan
Sebagai seorang sarjana teknik industri yang beretika professional harus bisa bertanggung jawab atas tugas dan tanggung jawab yang telah diberikan kepadanya. Tugas dan tanggung jawab tersebut harus dijalani dengan amanah dan sebaik-baiknya agar tidak mengecewakan orang yang telah memberi kita tugas dan tanggung jawab tersebut. Selain itu juga sebagai seorang sarjana teknik industri yang beretika professional juga tidak boleh menyalahgunakan jabatan yang dimilikinya demi kepentingan pribadi karena akan merugikan banyak pihak termasuk merusak karir bekerja dari seorang sarjana teknik industri.
b. Tidak bisa menghargai waktu
Sebagai seorang sarjana teknik industri yang beretika professional harus bisa menghargai waktu. Seorang sarjana teknik industri yang beretika akan datang tepat pada waktu masuk, istirahat pada waktu istirahat dan masuk kembali setelah istirahat tepat pada waktunya serta pulang pada jamnya sesuai dengan ketetapan dimana ia bekerja. Seorang sarjana teknik industri yang baik akan menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan dan tidak boleh menunda – nunda apa yang menjadi tugasnya.
c. Tidak mau mendengarkan pendapat orang lain
Dalam dunia kerja adakalanya kita ditempatkan dalam suatu tim yang ditugaskan untuk menyelesaikan permasalahan yang ditunjuk oleh perusahaan. Keputusan yang diambil dalam sebuah tim tersebut biasanya berdasarkan hasil musyawarah anggota tim tersebut. Musyawarah dilakukan untuk mencari solusi dengan mempertimbangkan banyak pendapat. Sebagai seorang sarjana teknik industri yang beretika professional akan selalu mendengarkan pendapat rekan kerjanya walaupun tidak sependapat dan tidak akan mencela atau menyanggah dengan kasar pendapat orang lain.
d. Tidak dapat menjaga rahasia perusahaan
Setiap perusahaan pasti memiliki rahasia yang tidak layak diketahui orang lain selain orang perusahaan tersebut. Menjaga kerahasiaan perusahaan merupakan salah satu etika profesional yang ditunjukkan oleh seorang sarjana teknik industri. Walaupun sudah tidak bekerja diperusahaan yang bersangkutan, bagi sebagai seorang sarjana teknik industri yang beretika professional tidak boleh memberikan rahasia perusahaan yang lama untuk kepentingan pribadi.
e. Tidak dapat bekerja sama dalam tim
Dalam dunia kerja adakalanya kita ditempatkan dalam suatu tim yang ditugaskan untuk menyelesaikan permasalahan yang ditunjuk oleh perusahaan. Untuk dapat menyelesaikan tugas tersebut dengan sebaik – baiknya seorang sarjana teknik industri harus mampu bekerja sama dalam tim sebaik mungkin. Jangan selalu menganggap diri sendiri yang paling benar dan sesama anggota tim harus menimbulkan rasa saling percaya agar membantu untuk kedepannya.

3.  Jelaskan pentingnya memahami etika profesi untuk sarjana Teknik Industri!
Etika Profesi adalah suatu tindakan refleksi atau self control dalam pekerjaan yang dilakukan untuk kepentingan sosial atau sendiri dalam suatu bidang keahlain tertentu. Etika profesi sangat penting dalam bidang keteknikan dikarenakan suatu profesi harus mempunyai tanggung jawab, keadilan, dan otonomi. Tanggung jawab terhadap pelaksanaan pekerjaan itu dan terhadap hasil, serta terhadap dampak dari profesi tersebut untuk kehidupan orang lain. Keadilan disini menuntut suatu profesi memberikan kepada siapa saja apa yang menjadi haknya. Otonomi dalam etika profesi dimaksudkan agar setiap profesional memiliki dan di beri kebebasan dalam menjalankan profesinya. Apabila profesi keteknikan dilakukan tanpa etika maka akan berakibat fatal terhadap intuisinya, orang-orang yang bekerja dalam suatu intuisi tersebut, masyarakat luas, serta akan berakibat fatal terhadap lingkungan. Setiap pekerjaan memiliki etika (kode etik) yang berbeda sesuai dengan jenis pekerjaannya. Sarjana Teknik Industri perlu memahami etika profesi agar dapat bertanggung jawab penuh sesuai etika pekerjaan yang dijalaninya sehingga dapat dikatakan pekerja profesional. Etika profesi sangatlah penting untuk dipahami oleh sarjana Teknik Industri karena tanpa etika profesi, sebuah profesi hanya dianggap menjadi sebuah pekerjaan pencarian nafkah biasa (okupasi) yang tidak diwarnai dengan nilai-nilai idealisme dan ujung-ujungnya akan berakhir dengan tidak-adanya lagi respek maupun kepercayaan yang diberikan oleh rekan kerja. 

4. Jelaskan dan uraikan organisasi profesi yang relevan untuk prodi Teknik Industri selain PII!
a. IIE (Institute of Industrial and System Engineering)
Institute of Industrial Engineers (IIE) adalah lembaga profesional yang berdedikasi semata-mata untuk mendukung profesi teknik industri dan individu yang terlibat dengan meningkatkan kualitas dan produktivitas. Lembaga ini didirikan pada 1948 dan disebut American Institute of Industrial Engineers sampai 1981, ketika nama ini diubah untuk mencerminkan basis keanggotaan internasionalnya. Anggota termasuk mahasiswa baik dan kaum profesional. IIE menyelenggarakan konferensi regional dan nasional tahunan di Amerika Serikat. IIE bermarkas di Amerika Serikat di Norcross, Georgia, pinggiran yang terletak di timur laut Atlanta.
b. ISTMI (Ikatan Sarjana Teknik Industri dan Manajemen Industri Indonesia)
ISTMI sebagai organisasi profesi dari disiplin Ilmu Teknik Industri (TI) dan Manajemen Industri (MI) di Indonesia lahir pada tanggal 22 Nopember 1986 di Jakarta. Kelahiran organisasi ini didasari atas pertimbangan bahwa profesi TI dan MI telah diterima di kalangan yang sangat luas sejak masuknya disiplin sekitar 16 tahun sebelumnya. Keberadaannya sudah menembus batas-batas konvensional keteknikan atau keindustrian.
c. E-Mailing list Group Komunitas Teknik Industri Indonesia (KTII)
Grup milis ini adalah wadah terhimpunnya komunitas profesi Teknik Industri dan merupakan wahana dan media komunikasi, diskusi dan silaturahmi. KTII dibentuk oleh 3 pilar organisasi profesi dengan latar belakang Teknik Industri yaitu BKTI-PII (Badan KeJuruan Teknik Industri – Persatuan Insinyur Indonesia), BKSTI (Badan Kerjasama Penyelenggara Pendidikan Tinggi Teknik Industri) dan ISTMI (Ikatan Sarjana Teknik Industri dan Manajemen Industri), bertujuan untk membangun dan mengembangkan keprofesian di bidang Teknik Industri.
d. Perhimpunan Ergonomi Indonesia (PEI)
Perhimpunan Ergonomi Indonesia (PEI) adalah organisasi tingkat nasional yang beranggotakan para pakar, pemakai dan peminat ergonomi di berbagai bidang yang bersama-sama berhimpun dalam satu wadah untuk menggalang kemampuan dalam bidangnya masing-masing membina ergonomi baik dalam keilmuan maupun dalam pemakaiaanya sehingga potensi ergonomi dalam pembangunan Nasional dapat lebih berkembang. PEI didirikan pada tanggal 10 Oktober 1987 di Gedung Laboratorium Teknologi 111 Institut Teknologi Bandung. PEI bertujuan untuk mengembangkan serta menerapkan ilmu ergonomi dalam berbagai kegiatan teknologi, industri dan berbagai kegiatan lain yang menuntut pendekatan ergonomis dengan sasaran mencapai keselarasan hubungan timbal balik antara manusia, alat dan lingkungannya. Selain itu untuk menjaga keseimbangan hubungan unsur-unsur fisikal,sosial, psikologikal bagi peningkatan kualitas hidup yang lebih baik.
e. Perhimpunan Ahli Teknik Indonesia (PATI)
PATI merupakan suatu wadah pembinaan profesi para ahli teknik dalam pembangunan nasional, yang didirikan di Jakarta pada tanggal 25 Juni 1985.PATI berdiri berdasarkan PANCASILA dan merupakan Organisasi profesi Keteknikan non-politik dan tidak berafiliasi dengan Organisasi Sosial. PATI didirikan denMelaksanakan maksud untuk persatuan pembinaan profesi para ahli teknik dalam pembangunan nasional. Serta menghimpun segenap Ahli teknik Indonesia dalam usaha meningkatkan produktifitas nasional.
f. BKSTI (Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Penyelenggara Pendidikan Tinggi Teknik Industri Indonesia)
Didirikan pada tanggal 9 Juli 1996 di Aula Barat ITB yang dihadiri oleh perwakilan lebih dari 100 perguruan tinggi. Tujuan pendirian BKSTI ini adalah memantapkan dan meningkatkan mutu serta relevansi pendidikan tinggi Teknik Industri di Indonesia, menampung dan mencari penyelesaian permasalahan dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi Teknik Industri, mengakomodasikan kerjasama antar anggota BKSTI dalam kegiatan pertukaran informasi dan penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta menjadi mitra Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dan stakeholder lainnya dalam bidang pendidikan tinggi Teknik Industri.

Referensi:
furuhitho.staff.gunadarma.ac.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Permainan Tradisional Petak Jongkok

Candak Ndodok atau sering disebut dalam bahasa indonesia yaitu Petak Jongkok atau Tap Jongkok adalah salah satu permainan tradisional Indonesia yang tidak membutuhkan banyak peralatan untuk memulainya. Bahkan permaian ini bisa dimulai di mana saja tanpa persiapan apapun. Mengapa permainan tradisional ini disebut atau dijuluki permainan candak ndodok? Karena permainan candak ndodok ini merupakan permainan yang sangat unik. Permaian candak ndodok dimulai dengan sebuah gambreng. Gambreng adalah sebuah proses menentukan giliran yang biasanya dimulai dengan teriakan "Hom pim pah alaiyum gambreng!".  Biasanya permainan dimulai dengan semua pemain lari berpencar menjauhi si penjaga. Si penjaga harus mengejar pemain lainnya sampai berhasil menepuk (di mana saja) salah satu pemain. Bila si penjaga berhasil melakukan itu, posisi akan otomatis berubah. Orang yang ditepuk akan berjaga, sedangkan orang yang berjaga akan menjadi target penjaga. Para target bisa meloloskan diri dengan ca

Aku Cinta Produk Indonesia

            Seperti yang dikatakan bapak Heppy Trenggono; “Membeli Indonesia. Membeli produk bukan karena lebih baik, bukan karena lebih murah tapi karena buatan Indonesia. Membela Indonesia. Sikap jelas dalam pembelaan. Membela martabat bangsa, membela kejayaan bangsa. Menghidupkan Persaudaraan. Aku ada untuk kamu, kamu ada untuk aku, kita ada untuk tolong menolong”. Saya sangat setuju dengan beliau, kata-katanya mampu memotivasi/mengerakkan hati saya untuk lebih mencintai produk indonesia. “Aku Cinta Produk Indonesia”. Mungkin kata-kata itu sudah tidak asing lagi di telinga kita. Sebuah kalimat yang tidak henti-hentinya dilontarkan pihak pemerintah dan produsen dalam negeri yang menyiratkan ajakan untuk seluruh masyarakat agar membeli dan memakai produk-produk yang diproduksi oleh produsen domestik. Hal ini dikarenakan pembelian produk dalam negeri yang memiliki dampak luar biasa terhadap perekonomian bangsa. Pembelian produk dalam negeri juga menumbuhkembangkan jati diri

DAMPAK DARI PENANGGULANGAN SAMPAH PLASTIK BAGI LINGKUNGAN

TUGAS MAKALAH PENGETAHUAN LINGKUNGAN “DAMPAK DARI PENANGGULANGAN SAMPAH PLASTIK BAGI LINGKUNGAN” Disusun Oleh: Nama          : Maulana NPM           : 35413348 Kelas          : 3ID02 FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI JURUSAN TEKNIK INDUSTRI UNIVERSITAS GUNADARMA DEPOK 2016 BAB I PENDAHULUAN 1.1     Latar Belakang Lebih dari 1 triliun kantong plastik digunakan setiap tahun di seluruh dunia. Sekitar 2 juta kantong plastik digunakan setiap menit di seluruh dunia dan sekitar 32 juta ton sampah plastik dihasilkan setiap tahunnya, mewakili 12,7% dari total limbah padat. Menurut Riset  Greeneration , 1 orang di Indonesia rata-rata menghasilkan 700 kantong plastik per tahun. Manajemen sampah yang buruk, terutama di negara-negara berkembang, menjadi salah satu pemicunya. Di negara seperti Indonesia contohnya, angka pendaurulangan sampah termasuk rendah yakni di bawah 50 persen. Kesadaran untuk tidak membuang sampah sembarangan juga masih memprihatinkan. Tida